Beranda / Memilih Jasa Website yang Tepat dan Berkualitas tinggi
jasa pembuatan website

Memilih Jasa Website yang Tepat dan Berkualitas tinggi

Oleh : admin |
Pada : Agustus 28, 2021 |
Kategori : Tips & Tutorial

Cara Memilih Jasa Website. Bagaimana jika anda ingin menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan sebuah Website untuk Bisnis atau Usaha Anda. Apa yang harus Anda lakukan ?.

Tidak semua Agency atau penyedia jasa pembuat website memiliki prilaku yang profesional. ada juga di antara mereka yang lebih mementingkan uang ketimbang kepuasan Client. Padahal inti positif dari seorang yang menawarka sebuah Jasa adalah membantu memecahkan masalah yang dialami seorang Client. sehingga Client merasa puas dan merasa menemukan solusi yang selama ini mereka cari. Nah, Feedback dari kepuasan Client itulah yang menjadi keuntungan bagi seorang penyedia layanan Website. bisa keuntungan berupa Materi atau lainnya.

Sebelum kita membahas tentang cara memilih jasa website yang baik. alangkah bagusnya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai tipe penyedia layanan website secara umum.

Ada Dua tipe yang sering kita jumpai dalam dunia penyedia layanan website. yang pertama adalah tipe Freelancer (Personal / Individual) dan yang kedua adalah Company (Perusahaan yang terlegelisir). Kedua tipe ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

1. Tipe Freelancer

Definisi seorang Freelancer adalah sesorang yang bekerja dengan imbalan sesuai yang dia kerjakan dan memiliki momen yang relatif tidak teratur. Jadi, seorang Freelancer tidak memiliki gaji tetap dia hanya mendapatkan gaji atau keuntungan pada saat dia mendapatkan proyek. ini sangat berbeda dengan seorang karyawan yang memiliki gaji teratur setiap bulannya dengan jumlah yang relatif teratur juga.

Kelebihan dari Freelancer adalah harga jasa yang mereka tawarkan relatif lebih murah. jika kita bandingkan dengan memilih menggunakan jasa pada perusahaan yang memiliki legalitas usaha. Tapi meskipun Freelancer memberikan harga yang murah bukan berarti kualitas hasil proyek yang mereka buat lebih buruk ketimbang karya perusahaan. Karena ternyata banyak Freelancer yang memiliki kemampuan lebih tinggi serta berpengalaman daripada seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan. Kebanyakan dari mereka Freelancer memilih merintis usahanya sendiri setelah bekerja di berbagai perusahaan yang penghasilannya statis dari bulan ke bulan. Meski seorang Freelancer memiliki pendapatan tidak stabil namun jumlah pendapatannya bisa lebih besar dari gaji tetap sebagai karyawan.

Kekurangan Freelancer yaitu biasanya terletak pada waktu atau masa penggarapan proyek yang lebih lama jika ketimbang dengan perusahaan. walaupun sebenarnya itu sangat wajar karena rata-rata Freelancer meng-handle semua kasus dengan seorang diri. mulai dari mulai Konsep, Desain, Analisis, Pengkodean dan Testing. itu semua mereka lakukan secara mandiri sehingga membutuhkan waktu lebih lama dari perusahaan yang memiliki teamwork. Selain itu kekurangan dari seorang Freelance juga terdapat pada fasilitas yang kurang memadai. Misalnya Kantor, Waktu dan lainnya sehingga sedikit mempersulit Client untuk melakukan aktifitas seperti ingin mengadakan Meeting dan lain sebagainya.

2. Tipe Perusahaan Terlegalisir

Biasanya saat Anda ingin menggunakan jasa dari sebuah perusahaan. Anda akan di pertemukan dengan staff customer service atau staff marketing terlebih dulu sebelum berdiskusi dengan tim pengembang Website. Hal ini tentu terlihat sangat profesional dari segi pelayanan. namun sekali lagi skill dan ability dari tim pengembang belum tentu lebih dari seorang Freelancer. karena kita tidak pernah tau pengalaman dan kemampuan tim yang ada pada perusahaan tersebut. bisa jadi mereka masih magang atau baru lulus training ketimbang Freelancer yang sudah bosan dengan gaji tetap selama bertahun-tahun.

Kelebihan menggunakan layanan Perusahaan ini terletak pada segi profesionalitasnya dalam melayani Client. karena dalam perusahaan tentu memiliki budaya dan kebiasaan melatih karakter dan prilaku yang di arahkan pada sesuatu nilai yang positif. dengan mengacu pada SOP (Standar Operasional Prosedur) perusahaan itu sendiri. Sehingga Client bisa merasa lebih nyaman dengan sambutan atau service yang mereka terima.

Selain waktu penggarapan peroyek yang relatif lebih cepat salah satu kelebihannya juga yaitu terkait dengan legalitasnya. Dengan mereka memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) itu membuat mereka terlihat lebih terpercaya dan bebas dari unsur penipuan. karena mereka memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa memudahkan Client untuk mengakses keberadaannya.

Kekurangan dari tipe Perusahaan ini yaitu pada harga jasa yang mereka tawarkan relatif mahal. jika kita bandingkan dengan harga Freelacer. Kemungkinan itu kerena Perusahaan mempertimbangkan banyak hal. mulai dari biaya pajak sampai pada gaji karyawan yang harus mereka bayar. Namun itu sudah sebanding dengan Profesionalitas dan Keamanan yang mereka jaga untuk para Clientnya.

Nah, Setelah Anda mengetahui perbedaan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Agency. tentu sudah ada sedikit gambaran bagi Anda untuk menentukan manakah yang layak untuk dipilih. Tapi agar lebih mantap dan lebih tepat dalam memilih diantara keduanya mari kita simak beberapa Tips untuk memilih Agency Pembuatan Website yang baik.

1. Rumuskan permasalahan Anda terlebih dahulu secara sistematis.

Dimulai dari diri Anda sendiri. Anda harus mengetahui dengan jelas website seperti apa yang anda butuhkan. Carilah referensi Website yang cocok untuk anda pilih. Catat minimal 2 hal penting yaitu Desain dan fitur apa saja yang menurut Anda butuhkan.

2. Buat Listing Planing Anda terkait aktifitas apa saja yang akan anda lakukan dengan Website tersebut.

Jika Anda memiliki banyak departemen atau klasifiasi staff yang mengelola usaha Anda. tentu Anda membutuhkan akun email lebih dari satu akun. seperi contoh : billing@namausahaanda.com atau sales@namausahaanda.com. Masukkan itu pada daftar planing aktifitas Anda.

Atau Anda memiliki ribuan gambar produk yang ingin ada tampilkan di Website Anda, Pastinya Anda membutuhkan space hosting yang lebih besar, Catat itu sebagai planing aktifitas Anda.

3. Cari Agency yang memiliki Desain dan Fitur Website yang anda senangi.

Hal ini cukup aneh karena poin ini hampir tidak menjadi pertimbangan bagi banyak orang. Padahal menurut versi saya ini sangat penting untuk memprediksi ability bahkan substansi dari si Agency itu sendiri. tanpa kita harus bertanya kepada mereka secara langsung tentang skill mereka.

Agency yang memiliki skill yang tinggi tentu tidak akan sembarangan membuat Website mereka sendiri, bayangkan kalau Website mereka sendiri saja acak-acakan bagaimana mereka akan membuatkan Website Client dengan sangat bagus.

4. Cari Agency yang memiliki Paket dengan fitur sesuai atau mendekati sesuai dengan Permasalahan dan Listing Planing Anda.

Biasanya setiap Agency menyediakan 3 sampai 5 Paket Website dengan fitur yang berbeda dan dengan harga yang berbeda pula. carilah masing-masing paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Mulailah untuk menanyakan atau diskusi ringan seputar Paket yang telah Anda pilih.

Jika Anda sudah menemukan Paket yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi. Alangkah baiknya jika Anda menanyakan kepastian pada fitur yang terdapat pada paket Website tersebut. Hal ini juga akan menguji gaya berkomunikasi mereka apakah mereka mampu memberikan penjelasan yang komplit dan jelas tanpa harus bertele-tele. dan apakah mereka cukup responsif karena hal ini merupakan salah satu faktor penting yang akan kita bahas pada poit selanjutnya. yaitu (Kemudahan Berkomunikasi dan Konsultasi).

6. Utarakan semua Permasalahan atau Kebutuhan dan Planing aktivitas Anda.

Setelah Anda mengutarakan apa saja yang anda butuhkan dan aktifitas apa saja yang akan Anda lakukan pada Website Anda nanti. Perhatikan jawaban mereka. berapa persen mereka meng-iya-kan dan berapa persen mereka menjawab dengan ketidak jelasan. serta berapa persen jawaban mereka yang tidak menyanggupi. Dari situ Anda dapat mengasumsikan skill mereka dan memutuskan apakah Anda harus menggunaka Agency ini atau tidak.

7. Lihat daftar Portofilo dan Client Mereka.

Ingat. Jangan beranggapan bahwa jika Mereka memiliki karya yang sangat banyak berarti mereka laris dipasaran dan diminati banyak orang. Itu adalah anggapan yang keliru. Tapi lihat dan perhatikan secara teliti apakah karya mereka benar-benar keren atau tidak. karena Kuantitas tidak selalu menentukan Kualitas. Portofolio sebenarnya dapat mereka karang dan mereka manipulasi sendiri. Tapi karya yang keren tidak dapat mereka manipulasi. Ijinkan anda tertipu oleh kuantitas karya mereka, Tapi jangan biarkan Anda tertipu dengan kualitas karya Mereka.

8. Kemudahan Berkomunikasi dan Konsultasi.

Hal ini sangatlah penting untuk keberlangsungan kontrak Website Anda nanti. Nilailah kecepatan respon mereka saat Anda butuh bantuan atau butuh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda. Serta pertimbangkan media komunikasi yang mereka gunakan.

Hingga saat ini selain Email, Whatsapp adalah salah satu media konsultasi yang paling banyak diminati oleh Client. selain itu juga fitur Live Chat pada Website Agency sangat penting untuk kita perhatikan.

Itulah beberapa tips cara memilih jasa website versi saya. Semoga bermanfaat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar memilih jasa website. silahkan tulis pada kolom komentar atau anda bisa menghubungi kami melalui halaman kontak yang telah kami sediakan.

Baca juga Domain COM Murah Hanya $3 – Cari Domain Murah Tanpa Diskon

 

Baca juga artikel sejenis Memilih Jasa Website yang Tepat dan Berkualitas tinggi

Kategori
Post Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...