cara setting custom domain blogspot
cara setting custom domain blogspot

Cara Setting Domain Custom pada Blogspot

May 25, 2023
admin
Kategori : Website

Jika Anda seorang blogger yang menggunakan platform Blogspot, Anda mungkin ingin memberikan sentuhan pribadi pada blog Anda dengan menggunakan domain kustom. Domain kustom memungkinkan Anda untuk menggunakan alamat web yang lebih personal dan mudah diingat daripada alamat bawaan Blogspot yang mungkin panjang dan kurang menarik. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu Blogspot, apa itu custom domain pada Blogspot, dan bagaimana cara mengatur domain kustom pada Blogspot.

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah salah satu platform blogging populer yang dimiliki oleh Google. Dikenal juga sebagai Blogger, platform ini memungkinkan siapa pun untuk membuat blog secara gratis dan dengan mudah. Blogspot menawarkan berbagai fitur yang mempermudah proses pembuatan blog dan publikasi konten. Blogspot juga menyediakan subdomain gratis dengan format “namablog.blogspot.com” sebagai alamat blog default yang dapat digunakan pengguna.

Apa itu Custom Domain pada Blogspot?

Custom domain adalah alamat web yang Anda daftarkan dan beli secara terpisah dari layanan registrar domain, seperti GoDaddy, Namecheap, atau Hostinger, untuk digunakan pada blog atau situs web Anda. Dengan menggunakan custom domain, Anda dapat mengganti alamat blog default “namablog.blogspot.com” menjadi “www.namabloganda.com” atau “blog.namadomainanda.com”. Ini memberikan tampilan yang lebih profesional dan memungkinkan Anda memperkuat merek pribadi Anda.

Bagaimana Cara Setting Domain Custom pada Blogspot?

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur domain custom pada Blogspot:

  1. Beli Domain
    Pertama-tama, Anda perlu membeli domain yang Anda inginkan dari registrar domain pilihan Anda. Pastikan untuk memilih nama domain yang relevan dengan blog Anda dan mudah diingat oleh pembaca Anda. Setelah membeli domain, catat informasi login dan konfigurasi yang diberikan oleh registrar domain Anda.
  2. Verifikasi Domain
    Setelah Anda memiliki domain, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi domain. Buka halaman pengaturan domain pada platform registrar Anda dan cari opsi untuk mengelola DNS (Domain Name System). Anda akan perlu menambahkan catatan DNS yang diberikan oleh Blogspot untuk memverifikasi kepemilikan domain. Biasanya, Anda perlu menambahkan catatan CNAME atau TXT ke pengaturan DNS.
  3. Konfigurasi DNS
    Setelah verifikasi domain selesai, Anda perlu mengkonfigurasi DNS untuk mengarahkan domain Anda ke Blogspot. Kembali ke halaman pengaturan domain pada registrar Anda dan temukan opsi untuk mengelola DNS. Tambahkan catatan CNAME yang diberikan oleh Blogspot untuk mengarahkan domain ke server Blogspot. Atur juga pengalihan (redirection) dari versi non-www ke versi www atau sebaliknya, sesuai dengan preferensi Anda.
  4. Pengaturan di Blogspot
    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah konfigurasi DNS, saatnya mengatur domain custom pada Blogspot. Buka dashboard Blogspot dan pilih blog yang ingin Anda atur dengan domain kustom. Pada menu pengaturan, pilih opsi “Dasar” atau “Pengaturan” dan temukan opsi “Tambahkan domain kustom”. Masukkan domain yang telah Anda beli dan klik “Simpan”. Blogspot akan melakukan verifikasi dan mengarahkan domain Anda ke blog Anda.
  5. Setelan Terakhir
    Setelah langkah-langkah di atas selesai, Anda hampir selesai mengatur domain custom pada Blogspot. Untuk mengaktifkan domain custom sepenuhnya, Anda perlu mengatur pengalihan versi non-www ke www atau sebaliknya. Buka halaman pengaturan domain pada dashboard Blogspot dan pilih opsi yang sesuai untuk mengatur preferensi pengalihan.

Sekarang, domain custom Anda sudah siap digunakan pada blog Anda yang dihosting di Blogspot. Harap dicatat bahwa perubahan konfigurasi DNS dapat memakan waktu hingga 24 jam untuk disebarkan di seluruh internet. Oleh karena itu, jangan khawatir jika perubahan tidak langsung terlihat. Berikan waktu bagi perubahan untuk merambat dan kemudian cek kembali untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Mengatur domain custom pada Blogspot dapat memberikan tampilan yang lebih profesional dan memungkinkan Anda membangun merek pribadi yang kuat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengganti alamat blog default “namablog.blogspot.com” dengan domain kustom yang Anda beli. Nikmati kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh Blogspot dengan tampilan yang lebih personal dan menarik untuk blog Anda.


Baca juga artikel terkait dengan Cara Setting Domain Custom pada Blogspot