pengertian GZip
pengertian GZip

Pengertian GZip dan cara menggunakannya di WordPress

February 28, 2023
admin
Kategori : Website

Hai, Apakah temen-temen sudah memahami tentang pengertian GZip atau sudah ada yang tau cara menggunakannya di WordPress ?. Nah kali ini kita akan membahas tentang GZip sekaligus cara menerapkan pada Website kita. Namun sebelumnya kita pahami dulu tentang pengertiannya.

Apa sih Pengertian GZip?

GZip merupakan metode kompresi data yang sangat ramai digunakan pada website untuk meminimalkan ukuran file serta meningkatkan kecepatan loading pada website. GZip bekerja dengan cara mengompres file-file yang besar, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan gambar, sehingga ukurannya dapat dikurangi hingga 70%.

Pada WordPress, GZip dapat diaktifkan dengan mudah menggunakan plugin caching atau juga bisa melalui pengaturan pada web server.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan GZip pada CMS WordPress

1. Aktifkan GZip melalui plugin caching seperti WP Rocket dan sejenisnya yang ini memiliki fitur GZip Compression kemudian atur melalui menu pengaturan di dashboard WordPress. Letak menu pengaturan mungkin saja berbeda-beda tergantung pada plugin chaching yang digunakan.

2. Anda juga dapat mengaktifkan GZip melalui pengaturan web server. Jika Anda menggunakan server Apache, Anda dapat mengaktifkan GZip dengan cara menambahkan kode berikut pada file .htaccess :

AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript

3. Setelah GZip berhasil diaktifkan, Anda dapat memeriksanya dengan mengunjungi situs web seperti https://www.gidnetwork.com/tools/gzip-test.php atau https://checkgzipcompression.com/. Jika situs Anda menggunakan GZip, Anda akan melihat pesan seperti “Content-Encoding: gzip” di header HTTP.


Baca juga artikel terkait dengan Pengertian GZip dan cara menggunakannya di WordPress